Kamis, 13 Februari 2014

DESKRIPSI MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL HEWAN KHAS SETIAP PROVINSI DI INDONESIA

UNTUK MEMENUHI TUGAS MATAKULIAH
Komputer Pembelajaran
Yang dibina oleh Pak Arafik

Di Susun
Oleh
    Asih mulkiatunnisa             130153600741








UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN PGPAUD
November 2013




Dengan menggunakan aplikasi power piont  
A.    Judul
“Pengenalan Hewan Khas Setiap Propinsi Di Indonesia”

B.     Latar Belakang
Pada saat sekarang ini banyak anak usia dini yang pintar dalam berhitung, dan membaca tetapi mereka tidak tahu pengetahuan umum di sekitar mereka seperti salah satunya yaitu mengenal nama hewan yang berada di setiap provinsi yang menjadi identitas provinsi tersebut. Seharusnya pendidik atau peserta didik harus tahu bahwa pengetahuan seperti itu merupakan salah satu cara untuk menjaga warisan yang sudah ada.
Setiap provinsi yang ada di Indonesia mempunyai hewan yang menjadi identitas provinsi tersebut. Dalam tampilan media ini tidak hanya hewan yang akan di sajikan oleh penulis melainkan penjelasan dari hewan tersebut beserta informasi tentang ibukota dari provinsi pengenalan hewan yang ada di Indonesia. Dengan melalui media ini,  diharapkan anak-anak dapat mengetahui apa saja nama hewan yang menjadi identitas provinsi di Indonesia, serta mengenal lebih jauh tentang hewan tersebut. Tetapi untuk mengenal hewan tersebut, tidak mudah bagi anak-anak usia dini. Tetapi penulis menyarankan media untuk dipergunakan oleh pembimbing untuk mengajarkan murid-muridnya. Sehingga mereka bisa mendapat ilmu yang bermanfaat dan mereka juga dapat menjaga warisan budaya di Indonesia, yang telah di titipkan kepada mereka. Merekapun diharapkan dapat mengajarkan kepada generasi yang akan datang.
Pada kesempatan ini, penulis membuat media pembelajaran “Mengenal Hewan Khas Setiap Provinsi Di Indonesia” yang diharapkan akan bermanfaat untuk Anak Usia Dini maupun Anak Sekolah Dasar.
  
C.     Tujuan
·         Penulis bertujuan agar anak mudah mengetahui hewan yang menjadi identitas setiap provinsi yang ada di Indonesia, beserta pembahasan tentang hewan tersebut.
·         Mengetahui ibukota dari provinsi yang ada di Indonesia.
·         Penulis berharap melalui media ini, dapat mendidik dan mencerdaskan anak bangsa khususnya bagi anak-anak dalam belajar pengenalan hewan agar lebih menyenangkan.

D.    Manfaat
Media pengenalan hewan khas propinsi di Indonesia, di tujukan kepada Anak Usia Dini (4-8 tahun) dan Anak Sekolah Dasar.
·         Menambah ilmu pengetahuan tentang fauna yang ada di Indonesia
·         Mengenal nama hewan khas provinsi, dan mengetahui penjelasan dari hewan tersebut  yang ada di indonesia.
·         Mengenal nama provinsi beserta ibukotanya.
·         Agar anak-anak tidak merasa bosan, dengan mengenal hewan menggunakan media di harapkan dapat menyenangkannya pula.
·         Agar anak-anak tahu bahwa hewan yang menjadi budaya setiap provinsi yang ada di Indonesia harus di jaga, dan tidak boleh di rusak.

E.     Analisis Dan Perencanaan Media



·         Story Board
1.      Tampilan pembuka
Halaman ini merupakan tampilan yang paling pertama muncul dalam media ini, halaman ini memuat judul, nama penulis, nama perguruan dan tanda mulai serta tanda keluar dari media ini. Untuk memulai ke halaman berikutnya di klik kata mulai. Dan jika ingin keluar dari aplikasi ini di klik keluar.
Berikut adalah tampilan pembuka :


2.      Tampilan Menu
Halaman ini merupakan tampilan kedua dari aplikasi. Halaman ini memuat beberapa menu diantaranya peta, info, bantuan dan games.
Berikut adalah tampilannya :

3.      Tampilan Menu Peta
Jika pengguna mengklik peta di tampilan menu akan muncul gambar peta provinsi yang ada di Indonesia. Di dalam peta terdiri dari 33 provinsi yang ada di Indonesia.
Berikut adalah tampilannya :

Jika salah satu provinsi diklik, maka akan muncul jenis hewan khas sesuai dengan provinsi yang telah di klik. Penulis mencontohkan salah satu provinsi diklik, provinsi tersebut yang telah dibundarkan pada gamabar di atas. Berikut adalah tampilannya :


4.      Tampilan Menu Info
Tampilan menu info merupakan tampilan yang memuat sebuah informasi yang berisi ibukota dari 33 provinsi yang ada. Agar anak didik juga mengetahui ibukota dari provinsi yang ada di Indonesia. Tidak hanya provinsi yang mereka tahu melainkan ibukotanya pula. Tampilan ini mempunyai tiga halaman yang terdiri dari:
-          Berikut adalah tampilan halaman yang pertama:

-          Jika di klik tanda dari simbol selanjutnya akan muncul halaman berikutnya, yaitu berikut adalah tampilannya :

-          Dan yang berikutnya adalah tampilan terakhir dari info yang telah disajikan oleh penulis. Berikut adalah tampilannnya :

5.      Tampilan Menu Bantuan
Jika pengguna mengklik simbol bantuan pada halaman menu, maka pengguna akan terhubung ketampilan menu bantuan. Tampilan menu bantuan merupakan tampilan yang berisi beberapa bantuan. Bantuan tersebut berupa fungsi dari simbol-simbol yang digunakan untuk menjalankan aplikasi “Pengenalan Hewan Khas Setiap Provinsi Di Indonesia”.
Berikut adalah tampilannya:

6.      Tampilan Menu Games
Tampilan menu games merupakan tampilan yang berisi games edukatif untuk anak. Games tersebut yaitu menebak suara hewan, jika pengguna aplikasi dapat menebak suara hewan yang pertama maka akan muncul tebakan suara hewan yang selanjutnya.
Berikut adalah tampilannya :

7.      Simbol-Simbol
1.      Simbol pintu yang tertera setiap halaman aplikasi adalah simbol yang berfungsi untuk kembali ke halaman sebelumnya.
2.      Simbol anak panah adalah simbol yang berfungsi untuk menuju ke halaman selanjutnya. simbol anak panah hanya tertera pada tampilan info yang memuat beberapa halaman.
3.      Simbol rumah adalah simbol yang selalu ada disetiap halaman aplikasi yang berfungsi untuk kembali ke halaman menu.
4.      Simbol anak panah didalam kotak yang berwarna hijau adalah simbol yang hanya tertera ditampilan utama. Fungsi dari simbol tersebut adalah untuk menuju kehalam menu.
5.      Simbol silang adalah simbol yang berfungsi untuk keluar dari aplikasi. Jika pengguna mengklik simbol  tersebut akan muncul sebuah halaman pilihan, yang memuat ya atau tidak. Berikut adalah tampilannya :
Jika pengguna klik ya maka pengguna akan ke halaman berikutnya yaitu seperti pada gambar di bawah ini.
Dan jika pengguna klik tidak maka akan tersambung dengan tampilan menu kembali.

F.      Kesimpulan dan Saran

1.      Kesimpulan
Berdasarkan penjelasan yang telah disampaikan oleh penulis dari pertama,  maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan aplikasi anak akan lebih menyenangkan mengenal hewan khas setiap provinsi di Indonesi daripada dengan cara manual. Anak mungkin  akan merasa bosan jika dilakukan secara manual, dan jika secara manual membutuhkan waktu dan tempat yang tidak mudah. Jadi menggunakan sebuah media merupakan salah satu alternatif yang bermanfaat bagi peserta didik maupun anak-anak yang ada di anda dirumah.

2.      Saran
a.       Jika anak dikenalkan dengan aplikasi ini maka anak  harus didampingi oleh orang tua atau pembimbing agar anak dapat mengerti.
b.      Disarankan agar digunakan oleh pendidik atau orang tua, untuk mengajarkan kepada anak didik atau anaknya kepada pengetahuan umum seperti pengenalan hewan khas setiap provinsi di Indonesia ataupun yang lainnya yang berhubungan dengan pengatahuan disekitar kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar